Jenis Drama, Teater Rakyat, dan Bentuk Drama Lama di India

Jenis Drama, Teater Rakyat, dan Bentuk Drama Lama di India


Drama tradisi India juga dibedakan menjadi dua jenis. Drama atau Teater Sansekerta merupakan jenis drama klasik yang besar di Iingkungan bangsawan. Sedangkan aneka teater rakyat menjadi tontonan populer bagi penonton biasa yang tidak terjangkau oleh teater Sansekerta. Tiap daerah memiliki jenis teater rakyat masing-masing.
Banyak yang mirip, namun namanya berbeda menurut daerahnya. Contohnya adalah 
  1. Nautanki, 
  2. Khayal, 
  3. Manch, dan 
  4. Bhagat 
Yang merupakan variasi Svang. Ada 2 jenis drama penting lainnya yang memiliki bentuk dasar yang sama yaitu Jatra dan Bhavai. Tiga jenis teater rakyat di India Selatan yang terkenal adalah 
  1. Burrakatha, 
  2. Cavittu Natakam, dan 
  3. Veethi Nataka. 
Kini drama-drama ini mengundang banyak penonton di beberapa lokasi, terutama kota-kota kecil. Teater modern pun bermunculan sebagai perkembangan bentuk-bentuk drama lama ini. 

Svang 
Svang adalah bentuk teater India Utara yang menitikberatkan pada nyanyian.
Khayal 
Khayal dari Rajasthan merupakan kombinasi dari lagu, tari dan drama. Diperkirakan mulai dipentaskan pada awal abad ke-18.

Manch 
Manch yang artinya "panggung" berasal dari Madhya Pradesh. Kemungkinan bermula pada abad ke-1 7. Lagu dan musik sangatlah dominan dan ditampilkan di tempat terbuka dengan aksesori teater yang sangat minim. Panggungnya sangat unik karena tingginya sekitar 12 kaki (3,6 meter).

Bhavai 
Bhavai adalah teater rakyat Gujarat yang berasal dari abad ke-14. Bhavai merupakan drama keliling yang terdiri dari serangkaian drama dengan panjang dan tema yang bervariasi, yang ditampilkan melalui akting, tarian, dan nyanyian.

Jatra 
Jatra berasal dari Bengal yang juga ditampilkan dalam Bihar dan Orissa. Jatra merupakan pertunjukan di tempat terbuka dengan alat musik utama khol, drum bersuara rendah yang dikhususkan bagi pertunjukan di tempat terbuka. Jatra digambarkan sebagai "opera suci". Secara tradisional, semua perannya dimainkan oleh Iaki-laki, namun kini wanita mulai dilibatkan.

Tamasha 
Tamasha adalah bentuk utama dari teater Maharadhtra yang dimulai sejak abad ke-16. Ini merupakan "guyonan kasar" dari tentara Moghul dan Marathas. Guyonan ini masih dipertahankan hingga kini namun telah dimodifikasi sehingga sesuai dengan selera masyarakat kelas menengah dan atas. Rombongan teater Tamasha modern memiliki 2 kelompok: penari-penyanyi dan pemain drama. Filosofi dan estetika Tamasha berhubungan dengan 3 elemen dasar: tradisi hiburan, tradisi propaganda serius, dan trad isi pengabdian.

Jenis Drama, Teater Rakyat, dan Bentuk Drama Lama di India
Burrakatha 
Burrakatha berasal dari Andhra Pradesh. "Katha" berarti cerita dan burra berarti instrumen gesek yang berleher panjang dan berkepala labu yang dipakai oleh pemimpin teater untuk mengiringi nyanyian dan tariannya.

Cavittu Natakam 
Cavittu Natakam adalah drama tari Kristen yang berasal dari per-tengahan ke dua abad ke-16. Drama ini dipertunjukkan di beberapa tempat di Kerala pusat. Arti harafiah drama ini adalah "drama hentakan kaki", penggambaran dari langkah yang energik, kuat, dan diangkat tinggi-tinggi yang menghentak panggung kayu saat pemain laki-laki menari.

Veethi Nataka 
Veethi Nataka yang berarti "drama jalanan" sangat populer di Andhra Pradesh. Ini adalah pertunjukan di tempat terbuka yang bermula pada abad ke-1 2 dan seiring waktu dipengaruhi oleh Vira Savite, cerita dari legenda dewa Siwa dan cerita Puranik yang dikembangkan.