Sejarah Singkat Musik Cina Tradisional, Jepang, India dan Arab

Berikut ini Sejarah Singkat Musik Cina Tradisional, Jepang, India dan Arab:


Sejarah Singkat Musik Cina tradisional

Musik Cina tradisional menggunakan bahasa Cina dan terintegrasi dalam aktivitas sosialnya, sedangkan musik modern kontemporer popular Cina merupakan perpaduan antara musik tradisional dengan musik populer dan selera Amerika. Instrumen musik bangsa Cina yang popular adalah Qin (ch'in).

Sejarah Singkat Musik Jepang

Musik Jepang awalnya sangat terpengaruh musik Cina dan Korea, tetapi lama kelamaan memiliki ciri khas tersendiri khususnya dalam teknik vokal dan instrumen musik. Musik tradisional Jepang lebih banyak digunakan untuk festival religius, bekerja, dan pengiring tarian yang dilakukan dalam bentuk ansambel kecil. Musik modern Jepang menyatukan instrumen tradisional dengan menggunakan metode Barat. Instrumen yang populer adalah koto.


Sejarah Singkat Musik India

Musik India sudah ada kira-kira abad 20 SM. Terdapat dua tradisi musik klasik, yaitu Hindustani di India Utara dan karnatik di India Selatan. Musik rakyat di India banyak digunakan dalam acara-acara sosial, religius, festival, pendidikan, dan aktvitas rumah tangga. Sistem nada menggunakan suatu pola yang disebut raga, yang permainannya mengikuti irama musik (tala) yang digunakan. Instrumen yang popular adalah sitar.
Sejarah Singkat Musik Cina Tradisional, Jepang, India dan Arab

Sejarah Singkat Musik Arab

Musik Arab dimainkan oleh suku bangsa Arab di Timur Tengah dan Afrika Utara. Perkembangan musiknya diyakini telah ada sejak abad ke-3, tetapi tulisan musiknya ditemukan pada abad ke-7. Karya musik Arab sangat panjang, kaya dengan melodi dan ritme yang nonmetris. Permainan musiknya banyak menggunakan improvisasi dan variasi yang kreatif.