Tantangan Allah SWT Terhadap Manusia dan Jin di dalam Al Qur'an

Tantangan Untuk Manusia Dan jin 


Tantangan di dalam Al Qur'an itu berlaku untuk manusia dan jin. Apa yang telah dilakukan manusia dan jin sehingga Allah menantangnya? Sebagian manusia telah melawan, memusuhi dan menggang-gu Rasulullah saw. Kaum mukminin pun tidak terlepas dari permusuhannya. Mereka dengan terang-terangan berusaha hendak menghalang-halangi orang untuk beriman, dan bersekongkol un-tuk membunuh nabi Saw. Namun segala rencana jahatnya itu digagalkan Allah. Jelaslah, upaya mereka memusuhi Rasulullah dengan terang-terangan dan persekongkolan rahasianya berhasil dipatahkan.

Kini mereka berusaha dengan cara lain yaitu meminta tolong pada kekuatan lain selain manusia. Artinya, kekuatan yang dimintai tolong itu harus dari jenis makhluk lain, karena kekuatan manusia sudah digagalkan dan dipatahkan melawan dakwah dinul Islam. Kekuatan yang mereka incar ialah kekuatan jin. Namun Allah juga berkenan untuk menggagalkan dan mematahkan kekuatan jin ini, agar diketahui oleh semua orang. Segala kekuatan baik manusia, maupun jin, tidak akan berhasil menggagalkan risalah nabi Muhammad Saw atau akan menewaskannya sebelum mis-sinya selesai. Lalu, apa yang dilakukan musuh-musuh nabi itu?
Tantangan Allah SWT Terhadap Manusia dan Jin di dalam Al Qur'an
Mereka menggunakan ilmu sihir. Akhirnya Allah Swt membe-ritahukan kepada kekasihNya siapa yang menyihir beliau. sekali-gus menunjukkan di mana perlengkapan-perlengkapan dan syarat-syarat sihir itu disembunyikan, agar diketahui oleh dunia, bahwa segala sesuatu tidak akan sanggup melawan kehendaki Nya. Hal itu dilakukan baik dengan terang-terangan maupun secara sembunyi-sembunyi, baik dilakukan sendiri-sendiri, maupun secara bersamaan antara bangsa manusia dan jin. Allah yang mengutus rasulNya akan memberitahukan dan mematahkan seluruh persekongkolan makar mereka.