Tempat Tinggal Jin Ifrit, Setan dan Iblis Menurut Islam

Tempat Tinggal Jin, Setan dan Iblis Menurut Islam


Jin tinggal di tempat-tempat yang kotor dan tempat membuang hajat besar dan kecil. Zaid bin Argam rnengatakan bahwa Rasulullah saw. bersabda,

"Di kebun-kebun intu ada penghuninya, maka jika salah seorang di antara kalian hendak membuang hajat, katakanlah,'Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan lelaki dan setan perempuan."' (HR Ahmad) 

Al-Hasyusy berarti 'bayangan' dan tempat-tempat membuang hajat besar dan kecil. Kata tunggal hasyusy adalah hasy yang arti asalnya adalah 'kebun', hal itu karena mereka sering membuang hajat besar mereka di sana. Adapun al-Hubuts wa al-khabaits adalah setan laki-lalci dan perempuan.

Jin juga tinggal di lembah-lembah dan padang-padang pasir. Ibnu Taimiyah mengatakan bahwa lembah-lembah itu merupakan habitat tempat jin. Mereka pada umumnya tinggal di lembah-lembah dan hanya sedikit yang tinggal di atas dataran tinggi. Manusia mengatakan, "Aku berlindung kepada pemimpin lembah ini dari kejahatan para jin yang bodoh. Ketika jin melihat bahwa manusia berlindung kepada jin, maka bertambahlah kesombongan mereka."

Jin juga tinggal di air. Jabir bin Abdillah r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, 
"Sesunggulanya iblis membangun istananya di atas permukaan air, kemudian ia mengutus pasukan detasemennya." Jin juga tinggal di hidung, sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah bersabda, 

"Jika salah seorang dari kalian bangun dari tidur Mlu berwudhu, maka hendaklah ia mernbersihkan hidungnya tiga kali karena setan tnenginap di dalam Gubang) hidungnya." Berkata al-Hafizh ibnu Hajar dalam bukunya al-Fath, "Zhahir 'yang tampak' dalam hadits ini berarti bahwa hal itu terjadi pada setiap orang yang tidur, dapat pula berarti hal itu terjadi pada orang yang memper-senjatai dirinya dari setan dengan zikir." 

Jin juga tinggal di tempat yang rusak, usang, dan di kuburan-kuburan. Orang-orang sufi sering menyebut tempat itu masyahid 'tempat peman-dangan', terutama yang dijadikan tempat perayaan hari-hari raya dan tempat i'tikaf. Hal itu merupakan medium kepada syirik yang mereka dakwahkan. Di sana mereka menipu orang-orang yang dungu dan bodoh dengan pelbagai bantuan yang mereka sangka sebagai sifat yang pengasih. Orang lainnya mengira hal itu sebagai berkah dari wali., padahal sebenar-nya hal itu merupakan tipu muslihat setan yang kebetulan cocok dengan takdir Allah seperti kesembuhan-untuk menguji mereka. 
Tempat Tinggal Jin Ifrit, Setan dan Iblis Menurut Islam
Jin juga tinggal di dalam patung-patung dan barang-barang ajaib. Sebagaimana diucapkan oleh Ibnu Hatim ketika menafsirkan firman Allah swt., 
"Yang mereka sembah selain Allah itu, tidak lain hanyalah berhala, dan (dengan menyernbah berhala itu) mereka tidak Min hatzyalah tnenyembah setan yang durhaka." (an-Nisaa: 117)