Secara Duniawi, Digunjing dan Difitnah itu Memang Tidak Nyaman

Tags

TRANSFER PAHALA


Secara duniawi, digunjing dan difitnah itu memang sangat tidak nyaman, rugi dan merusak reputasi. Ia hancurkan kasih sayang, persahabatan bahkan persaudaraan dan kekeluargaan.

Namun dalam sudut pandang lain, ketika jiwa raga manusia telah menghadap negeri akhirat maka celoteh dan seluruh akibatnya tak lebih dari sebuah seni perjalanan. Agar kita tidak bosan hidup didunia ini.

Subhanallah. Musibah dighibah apalagi difitnah ini memang khusus, karena pahalanya pun khusus. Rasanya tidak adil di dunia hal ini terjadi, dan Allah sendiri yang mengadili sebagai balasannya!

Dighibah itu membuat kita bangkrut didunia, dan pelakunya Allah buat bangkrut diakhirat. Inilah sesungguhnya hiburan bagi orang-orang yang beriman. Makanya, ulama terdahulu gembira saat dighibah atau difitnah..

Rasulullah sholallahu alaiyhi wa sallam bertanya kepada para sahabatnya;

أَتَدْرُونَ مَنِ الْمُفْلِسُ

“Apakah kalian tahu siapa muflis (orang yang bangkrut) itu?”

Lalu pada sahabat menjawab, ”Muflis (orang yang bangkrut) itu adalah yang tidak mempunyai dirham maupun harta benda.”

Dan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata,

 إِنَّ الْمُفْلِسَ مِنْ أُمَّتِي مَنْ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِصَلَاةٍ وَصِيَامٍ وَزَكَاةٍ وَيَأْتِي قَدْ شَتَمَ هَذَا وَقَذَفَ هَذَا وَأَكَلَ مَالَ هَذَا وَسَفَكَ دَمَ هَذَا وَضَرَبَ هَذَا فَيُعْطَى هَذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ وَهَذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ فَإِنْ فَنِيَتْ حَسَنَاتُهُ قَبْلَ أَنْ يُقْضَى مَا عَلَيْهِ أُخِذَ مِنْ خَطَايَاهُمْ فَطُرِحَتْ عَلَيْهِ ثُمَّ طُرِحَ فِي النَّارِ

“Muflis (orang yang bangkrut) dari umatku ialah, orang yang datang pada hari Kiamat membawa (pahala) shalat, puasa dan zakat, namun (ketika di dunia) dia telah mencaci dan (salah) menuduh orang lain, makan harta, menumpahkan darah dan memukul orang lain (tanpa hak). Maka orang-orang itu akan diberi pahala dari kebaikan-kebaikannya. Jika telah habis kebaikan-kebaikannya, maka dosa-dosa mereka akan ditimpakan kepadanya, kemudian dia akan dilemparkan ke dalam neraka” (HR. Muslim).
Jadi, ketika kita tau bahwa dibelakang sana kota sedang digunjing, difitnah dan dirusak nama baiknya sedemikian rupa. Maka, tersenyumlah yang lebar. Karena proses transfer pahala sedang berlangsung. Baarokallahufiikum