Tahap-Tahap Teknik Analisa Data dengan Menggunakan Sebagai Berikut ini

Teknik Analisa Data   
Keseluruhan data yang telah dikumpulkan dan diperoleh dalam berbagai teknik pengumpulan data sebelumnya itu akan dianalisis dengan menggunakan tahap-tahap sebagai berikut :
    
a. Proses editing.
Proses ini meruapakan tahap awal yang dilakukan sebelum analisis data dimulai. Yujuannya adalah untuk memeriksa kelengkapan semua data yang telah dikumpulkan di lapangan, konsistensi ataupun informitas (Mohd. Nazir, 1985: 405 dan bandingkan Ahmad Harun 1977:3).
Maksudnya dari proses editing ini data tersebut tidak tereduksi dengan ide penafsiran peneliti.

b.Mereduksi data
Dalam kegiatan ini data yang sudah diperoleh di lapangan diseleksi ulang, disederhanakan dan dibuat kategorisasi serta data mentah di lapangan tresebut ditranformasi ke dalam bentuk abstraksi.  Dengan kegiatan ini nampak bahwa kegiatan mereduksi data sudah mulai melihat proses analisis, karena bagaimanapun juga, tanpa analisis yang tertur dan sungguh-sungguh data tidsak akan mungkin diseleksi, disederhanakan, dikategorikan dan ditransformasikan dalam berbagai abstraksi.

c.Penyajian data
Proses ini dimaksudkan sebagai pengorganisasian data secara lebih sederhana ke dalam bentuk skema atau tabel bila diperlukan. Dengan p[enyajian data dalam bentuk-bentuk yang demikian ini diharapkan segala bentuk kompleksitas hubungan antara berbagai karakteristik ataupun variable tertentu telah dapat divisualisasikan dalam bentuk yang amat sederhana, namun sitematis (Matthew B.Miles dan Michael Huberman, 1984: 83) Josepth A. Maxwell, 1996 : 87).
Setelah ketiga proses analisis data tersebut dilakukan, barulah diambil beberapa kesimpulan dan dijabarkan dalam laporan penelitian.